Kuliah Tamu : Penegakan Hukum Perpajakan

13 Desember 2023 | Dok: Admin FH

Kediri, FH UNIK – Pada hari Sabtu, 13 Desember 2023 Acara dimulai dengan sambutan hangat dari Dekan Fakultas Hukum Hery Lilik Sudarmanto, S.H., M.Hum. dan memberikan sebuah cindramata untuk narasumber. Mahasiswa berkumpul dengan antusias untuk menghadiri kuliah tamu yang sangat dinanti-nantikan tentang penegakan hukum perpajakan. Narasumber utama untuk acara ini adalah Antonius Atet Wiyono, S.E. dan Dahniar Kusumastuti, S.E. seorang Fungsional Penyuluhan Pajak KPP Pratama Kediri.

Antonius Atet Wiyono, S.E., seorang figur yang karismatik dan berpengalaman dalam menangani kasus-kasus perpajakan kompleks, membuka kuliah dengan menggambarkan perubahan lanskap perpajakan di Indonesia. Beliau menyoroti kompleksitas aturan pajak yang terus berkembang dan pergeseran paradigma dalam penegakan hukum perpajakan. Antonius Atet Wiyono, S.E. memberikan wawasan mendalam mengenai tantangan dan peluang di era digital saat ini.

Dahniar Kusumastuti, S.E. menyusul dengan pemaparan konsep-konsep akademis dalam konteks penegakan hukum perpajakan. Beliau menekankan pentingnya pendekatan yang komprehensif dan adaptif. Kusumastuti juga membahas perlunya mengintegrasikan etika perpajakan dan tanggung jawab sosial dalam penegakan hukum.

Sesi diskusi kemudian dimulai, dan mahasiswa aktif mengajukan pertanyaan kepada kedua narasumber. Antonius Atet Wiyono, S.E. berbagi pengalaman dari lapangan, membahas tantangan praktis dalam menangani kasus-kasus perpajakan yang melibatkan berbagai industri.

Pada intinya, kedua narasumber sepakat bahwa diperlukan transformasi mendalam dalam sistem perpajakan Indonesia. Antonius Atet Wiyono, S.E. menyoroti kebutuhan akan inovasi dalam investigasi, pengumpulan bukti, dan pendekatan penyelesaian kasus. Sementara Dahniar Kusumastuti menekankan pada pentingnya mendidik masyarakat dan pelaku bisnis mengenai pentingnya kepatuhan perpajakan serta konsekuensinya.

Kuliah tamu ini bukan hanya memberikan wawasan mendalam tentang penegakan hukum perpajakan, tetapi juga memotivasi mahasiswa untuk berperan aktif dalam perubahan positif di bidang ini. Antonius Atet Wiyono, S.E. dan Dahniar Kusumastuti meninggalkan jejak inspiratif, memberikan landasan bagi generasi masa depan untuk membawa perubahan signifikan dalam sistem perpajakan Indonesia.